Hari ini Sosialisasi Internet Sehat kembali diadakan di SMPN 1 Bogor oleh Blogor (Komunitas Blogger Bogor), Relawan TIK (relawan-tik.org) dan ICTWatch (internetsehat.org) yang berlangsung dari 08.30 s/d 11.00 WIB. Peserta yang mengikuti adalah siswa-siswa kelas 7 dan 8 dari 16 kelas yang masing-masing kelas diwakili oleh lima siswa. Hal ini terjadi karena adanya beberapa acara yang kebetulan berbarengan dengan Sosialisasi Internet Sehat yang termasuk dalam acara “Professional Day”. Acara mulai dilaksanakan pukul 08.30 WIB dengan dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah, Budiman BW, dan dipandu oleh Selly Octarina (@missell01).

 

Untuk sesi pertama sebagai pemanasan, video Linimas(s)a diputar untuk memberi gambaran kepada para siswa tentang manfaat media sosial semacam Twitter dan Facebook. Bagaimana seorang tukang becak asal Yogyakarta yang menjadi orangtua tunggal bagi anaknya setelah istrinya meninggal karena musibah gempa bumi 2006 memanfaatkan Facebook untuk mendapatkan pelanggan. Adegan lain menceritakan Blontank Poer yang menggunakan Twitter dalam memasarkan teh racikannya ke calon pembeli yang tersebar di dunia maya. Hasilnya luar biasa. Model pemasaran yang mereka lakukan menuai hasil yang tidak kecil. Video yang inspiratif ini memberikan gambaran yang ‘menyehatkan’ kepada siswa-siswa yang antusias mengikuti acara.

 

Mataharitimoer tanya jawab dengan dua blogger remaja

Mataharitimoer (@mataharitimoer) dari Blogor mendapat jatah menyampaikan materi terkait dengan pemanfaatan blog. Pengalamannya dalam ngeblog dia ceritakan dengan menarik. Bagaimana tulisan-tulisan yang dia taruh di dalam blog ditawar oleh pihak penerbit untuk diterbitkan hingga akhirnya berbentuk buku dan anda bisa temukan di toko-toko buku. Jihad Terlarang adalah salah satu novelnya yang asalnya dari tulisan-tulisan dalam blog. Pembicara yang telah membidani banyak buku ini menjadi contoh yang bagus bagi para peserta yang berusia remaja ini.

Acep Syaripudin sedang menyampaikan materi internet sehat

Acep Syaripudin (@ace_pentura) yang merupakan periset dari ICTWatch (internetsehat.org) mendapat giliran kedua. Cara penyampaiannya yang kocak membuat peserta santai dalam mengikuti acara. Materi yang dibawakan tentu saja tentang internet sehat. Serba-serbi perihal internet sehat di tangannya menjadi ringan. Salah satu contohnya adalah saat sebuah tampilan bahasa alay dipampangkan di layar. Peserta ditantang untuk membaca bahasa yang buat sebagian orang memusingkan itu. Dengan iming-iming hadiah sebuah buku Internet Sehat, seorang siswa maju ke depan untuk mencoba membaca tulisan tersebut. Hebatnya, ternyata dengan mudah dia berhasil membaca baris-baris kalimat alay itu.

contoh bahasa alay

Sosialisasi Internet Sehat yang diadakan untuk siswa-siswi SMPN 1 Bogor sebaiknya diadakan juga di sekolah lain. Bukan hanya tingkat SMP, bahkan sejak SD pun bila perlu dikenalkan dengan internet sehat sebagai bekal menghadapi gempuran internet. Karena bila tidak waspada, sisi negatif dari internet yang sudah pasti tidak menyehatkan itu akan merusak. Selain siswa, guru, dosen, dan orangtua juga sebaiknya berkenalan dengan internet sehat.

 

Tim Internet Sehat

SMPN 1 Bogor adalah sekolah kelima dari rangkaian Roadshow Internet Sehat di Bogor. Sebelumnya, internet sehat diperkenalkan di lembaga pendidikan berbeasiswa penuh, Bogor EduCARE. Anda bisa membaca reportasenya di sini.

Internet Sehat di SMPN 1 Bogor
Tagged on:         

5 thoughts on “Internet Sehat di SMPN 1 Bogor

  • 19 December, 2011 at 11:10 am
    Permalink

    Semoga aktivitas ini membangkitkan dan memberi inspirasi pemanfaatan teknologi. Tetap semangat…

    Reply
  • 19 December, 2011 at 1:39 pm
    Permalink

    Terima kasih untuk pencerahannya hari ini di sekolah kami, sangat bermanfaat buat para siswa khususnya. Sukses terus!

    Reply
  • 30 December, 2011 at 9:18 am
    Permalink

    semoga semakin sukses road show kita, ilmu yang bermanfaat

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *